Pengertian dan Cara Kerja Serangan DDoS

Januari 15, 2017

Pengertian dan Cara Kerja DDoS Attack


Serangan DDoS

    Salam sejahtera sobat Ilmu Komputer. Kali ini saya akan membagikan tentang apa itu DoS atau DDos dan cara kerjanya. Tetapi saya berpesan agar sobat tidak menyalah gunakan untuk hal yang tidak baik ya..
Sebelumnya sobat udah tau belum apa itu Dos dan DDos? Sebelum saya membahas apa itu DDos, saya mau bertanya apakah sobat udah pernah  mengalami ketika sobat akan mengunjungi sebuah situs web dan ternyata situs web tersebut tidak bisa dibuka, tetapi saat sobat mencoba mengunnjungi situs yang lainnya kok bisa dibuka,  Aneh ya?



    Sebenarnya situs web tersebut  tidak rusak, atau internet kita error, atau kuota kita habis. Sebenarnya itu tak lain tak bukan penyebabnya adalah serangan DDoS. Sebelum saya membahas DDos, saya akan membahas DoS terlebih dahulu. DoS atau dalam bahasa Inggris Denial of Service adalah sebuah serangan yang ditujukan untuk mengacaukan atau menghentikan sebuah layanan.

    Dos sering digunakan para hacker untuk menyerang sebuah situs yang ternama, sistem serangan DoS itu adalah dengah mengirimkan permintaan kepada server secara terus menerus hingga menghabiskan Bandwidth. Tetapi serangan DoS tidak efektif karena kita hanya menggunakan satu komputer untuk melakukan permintaan, sehingga server dapat dengan mudah untuk memblok IP kita. Sehingga lahirlah DDoS.

    DDoS atau dalam bahasa Inggris Distributed Denial of Service, sesuai namanya Distributed Denial of Dervice (DDoS) dilakukan dengan menggunakan banyak komputer. Jika Dos menggunakan satu komputer, DDoS menggunakan banyak komputer. Bila sendiri tidak bisa meruntuhkan layanan, bagaimana jika bersama sama (Keroyokan) :D

    Sistem DDoS adalah menghabiskan bandwidth dengan menggunakan banyak komputer. Misalkan jika satu komputer dapat  menghabiskan resource sebanyak 0,001% maka 100.000 komputer dapat menghabiskan seluruh resource yang ada. Banyak sekali komputer yang ada? Ternyata didunia underground komputer yang digunakan bisa mencapai ratusan bahkan jutaan. Banyak sekali ya sob..

    Bagaimana kita bisa mendapatka banyak komputer seperti itu? Zombie. Kita bisa mendapatkannya dengan bantuan Zombie, bukan Zombie yang seperti di TV itu ya sob, tetapi Zombie ini adalah sebenarnya komputer yang telah disipi sebuah program agar kita dapat mengendalikan komputer tersebut kapan saja dan biasanya para hacker menggunakan para zombie untuk melakukan serangan DDoS.

    Biasanya para hacker membuat sebuah program yang mana program tersebut akan dikirimkan kepada komputer-komputer Zombie lewat media Internet. Kok bisa? Iya, para hacker mengupload program tersebut ke dalam internet atau situs web, dan secara otomatis jika seseorang mengunjunginya maka akan otomatis program tersebut akan terunduh dan masuk ke system komputernya. Dan setelah masuk, program tersebut akan berjalan, menyebar, dan berkembang biak didalam system dan menjadi Zombie.

    Komputer Zombie ini selanjutnya akan tidur sehingga tidak dicurigai pemiliknya, namun walaupun tidur, zombie ini akan slelalu siap bangun setiap saat untuk melayani tuannya, sang Hacker. Dan Hacker menggunakan cara ini untuk mendapatkan  banyak komputer zombie.

    Sebenarnya ada banya cara melakukan DDoS, tidak harus menggunakan komputer zombie, bisa juga dengan menggunakan aplikasi khusus untuk melakukan serangan DDoS atau menggunakan internet. Bagaimana sob, sudah jelas kan apa itu DDoS dan Cara kerjanya. Insya Allah di lain kesempatan saya akan memberikan cara bagaimana untuk melakukan DDoS.

    Sekian dulu artikel saya kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat semua. Jangan lupa Like and Share ya.. Terima Kasih.. :-)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Anonim
AUTHOR
16 April 2018 pukul 17.30 delete

Min, serangan semacam ini makan banyak kuota ngak?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 April 2019 pukul 08.29 delete

Artikel yang bermanfaat..

Reply
avatar